50+ Contoh Soal TKD BUMN 2025 Lengkap Jawaban dan Pembahasannya

Posted on

Tes Kompetensi Dasar (TKD) merupakan salah satu indikator penilaian dalam Rekrutmen Bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tes ini menjadi tahap awal seleksi yang menguji berbagai kemampuan umum peserta secara menyeluruh.

Secara garis besar, TKD mencakup pengujian kemampuan dasar dalam bidang numerik, verbal, logika, dan pemahaman umum. Untuk bisa menghadapi tes dengan percaya diri, peserta perlu banyak mengerjakan latihan soal agar terbiasa dengan pola dan jenis pertanyaan yang muncul.

Untuk membantu infoers belajar dengan lebih efektif, berikut infoSulsel menyajikan 50+ contoh soal TKD BUMN 2025 lengkap dengan jawaban dan pembahasannya. Soal-soal ini dapat dikerjakan sebagai bekal latihan agar persiapan mengikuti tes semakin matang.

Yuk, simak selengkapnya!

1. Mudun=…

A. Problema
B. Beradab
C. Referensi
D. Setuju
E. Mufakat

Jawaban: B

Pembahasan: Mudun memiliki arti beradab

2. Boga=…

A. Pakaian kebesaran
B. Makanan kenikmatan
C. Dekorasi tata ruang
D. Pakaian pengantin
E. Tata rias

Jawaban: B

Pembahasan: Boga adalah makanan, masakan, hidangan, santapan. Jadi, sinonim dari boga adalah makanan kenikmatan.

3. Anjung=…

A. Dayung
B. Panggung
C. Buyung
D. Puji
E. Angkat

Jawaban: B

Pembahasan: Anjung bermakna bagian rumah (bilik) di sisi atau tengah rumah yang lantainya lebih tinggi daripada lantai rumah. Jadi, sinonim dari anjung adalah panggung.

4. Kisi-kisi=…

A. Alat menangkap ikan
B. Alat hitung
C. Tabel
D. Terali
E. Pola kerja

Jawaban: D

Pembahasan: Kisi-kisi dapat diartikan sebagai kayu atau besi yang dapat dipasang berdiri dan berjarak sehingga terdapat celah-celah (pada tingkap dan sebagainya); terali; jeruji.

5. Friksi=…

A. Perpecahan
B. Tidak berdaya
C. Frustasi
D. Sedih
E. Putus harapan

Jawaban: A

Pembahasan: Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), friksi berarti pergeseran yang menimbulkan perbedaan pendapat; perpecahan.

6. Rabun ><…

A. Tajam
B. Terang
C. Tepat
D. Jelas
E. Samar

Jawaban: D

Pembahasan: Rabun bermakna kurang jelas; kurang awas; kabur (tentang penglihatan). Kata rabun berantonim dengan kata jelas.

7. Surai ><…

A. Bubar
B. Usai
C. Purna
D. Berhimpun
E. Akhir

Jawaban: D

Pembahasan: Surai bermakna bercerai-berai, usai, bubar. Jadi antonim kata surai adalah berhimpun yang artinya berkumpul.

8. Penerus >< ….

A. Pewaris
B. Kader
C. Titisan
D. Penemu
E. Perintis

Jawaban: E

Pembahasan: Penerus bermakna yang meneruskan (melanjutkan; menggantikan). Kata penerus berlawanan dengan kata perintis yang artinya yang memulai mengerjakan sesuatu, pelopor.

9. 1 Minggu :7 hari = 1 Hari :…

A. 3.600 menit
B. 60 info
C. 68.400 info
D. 1.440 menit
E. 365 hari

Jawaban: D

Pembahasan: 1 minggu terdiri atas 7 hari. 1 hari terdiri 1.440 menit

10. Otonomi : Mandiri =…

A. Hardisk : VGA card
B. Sabun : Mandi
C. Cerdas : Banyak akal
D. Bensin : Mesin
E. Rakyat : Masyarakat

Jawaban: C

Pembahasan: Otonomi artinya dengan mandiri. Cerdas sama artinya dengan banyak akal.

11. Rokok: Asbak = Air :…

A. Pancur
B. Seloka
C. Ember
D. Selang
E. Keran

Jawaban: C

Pembahasan: Tempat yang menampung rokok adalah asbak. Tempat yang menampung air adalah ember.

12. Mana yang tidak masuk kelompoknya?

A. Penyelidikan
B. Pengusutan
C. Penelitian
D. Pemeriksaan
E. Penuntutan

Jawaban: E

Pembahasan: Semua kata yang disebutkan memiliki makna setara dengan investigasi, kecuali penuntutan.

13. Mana yang tidak masuk kelompoknya?

A. Megawati
B. Sudharmono
C. Soekarno
D. Soeharto
E. Abdurrahman Wahid

Jawaban: B

Pembahasan: Semua adalah mantan Presiden RI, kecuali Sudharmono.

14. Pemerintah : Perpu =…

A. Buruh : Demokrasi
B. Makan : Kenyang
C. MPR : UU
D. Hakim : Jaksa
E. Menteri : Kepres

Jawaban: C

Pembahasan: Pemerintah bertugas untuk mengesahkan perpu. MPR bertugas mengesahkan UU.

15. Mana yang tidak termasuk kelompoknya?

A. Srimpi
B. Kecak
C. Pendet
D. Jaipong
E. Angklung

Jawaban: E

Pembahasan: Semua adalah jenis-jenis tarian daerah kecuali angklung yang merupakan alat musik.

16. Pilihlah yang tidak termasuk kelompoknya!

A. Einstein
B. W. Shakespeare
C. Graham Bell
D. T. Alfa Edison
E. James Watt

Jawaban: B

Pembahasan: Semuanya adalah ilmuwan atau penemu. Sedangkan W. Shakespeare adalah seorang penulis.

17. Mana yang tidak termasuk kelompoknya?

A. Vihara
B. Pura
C. Kelenteng
D. Masjid
E. Sekolah

Jawaban: E

Pembahasan: Semuanya adalah tempat ibadah, kecuali sekolah yang merupakan tempat proses belajar mengajar.

18. Mana yang tidak termasuk kelompoknya?

A. Perseteruan
B. Pertengkaran
C. Pertikaian
D. Penyelarasan
E. Persaingan

Jawaban: D

Pembahasan: Semua kata bermakna permusuhan, kecuali penyelarasan yang bermakna positif.

Wacana 1

Pelajar di Purwakarta mulai diwajibkan membawa alat kebersihan ke sekolah. Tujuannya, agar terlibat dalam penanganan kebersihan di lingkungan sekolah. “Instruksi dari pak bupati (Dedi Mulyadi). Mulai pekan depan pelajar harus bawa sapu dan alat kebersihan lainnya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Purwakarta, Rasmita, Selasa (29/3). Dia mengatakan, pelajar membawa alat kebersihan dua kali dalam seminggu. Teknisnya, sebelum masuk sekolah para siswa maupun siswi membersihkan lingkungan sekolah terlebih dulu. “Jadwalnya setiap hari Selasa dan Kamis. Sebelum masuk sekolah, mereka bersih- bersih lingkungan sekitar sekolah termasuk ruas jalan., pungut sampah untuk memisahkan sampah plastik dan organik. Sampah organik seperti daun dikumpulkan supaya jadi pupuk untuk menanam pohon di lingkungan sekolah,” ujar Rasmita.

Selain itu, Rasmita menjelaskan setiap pelajar juga akan belajar di tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) Cikolotok untuk belajar pengelolaan sampah. “Selain belajar, instruksi dari pak bupati supaya pelajar mulai peka akan kesadaran sosial dan respek pada pemungut sampah yang tiap hari bersihkan Purwakarta dari sampah,” imbuhnya. Pelajar di Purwakarta menyukai kebersihan sehingga menyetujui usulan tersebut meskipun sempat mendapat protes dari para orangtua. Penanganan sampah, kata dia, selama ini selalu jadi permasalahan di setiap daerah. Peran pelajar agar sadar dalam pengelolaan sampah menurutnya harus dilakukan sejak dini. “Jika kesadaran kelola sampah dengan baik dilakukan sejak dini, maka kelak mental warga Purwakarta akan semakin baik,” pungkas Ramita.

19. Berdasarkan teks di atas, upaya membersihkan lingkungan sekolah akan dilaksanakan pada hari terdapat dalam…

A. Selasa dan Jumat, paragraf 1 kalimat ke 6
B. Senin dan Rabu, paragraf 2 kalimat ke 7
C. Senin dan Kamis, paragraf 1 kalimat ke 4
D. Jumat dan Sabtu, paragraf 2 kalimat ke 9
E. Selasa dan Kamis, paragraf 1 kalimat ke 8

Jawaban: E

Pembahasan: Berdasarkan informasi pada wacana upaya membersihkan lingkungan sekolah akan dilaksanakan pada hari Selasa dan Kamis. Terdapat dalam paragraf 1 kalimat ke-8.

20. Apa tujuan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Purwakarta mengikutsertakan pelajar untuk mengelola kebersihan di sekolah?

A. Memudahkan pekerjaan para pemungut sampah
B. Belajar mengelola sampah di sekitar lingkungan sekolah
C. Melibatkan pelajar dalam penanganan kebersihan sekolah
D. Membantu pekerjaan petugas kebersihan sekolah
E. Menumbuhkan cinta kebersihan pada lingkungan sekolah

Jawaban: C

Pembahasan: Berdasarkan informasi pada wacana tujuan kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Purwakarta mengikutsertakan pelajar untuk mengelola kebersihan sekolah adalah melibatkan pelajar dalam penanganan kebersihan sekolah. Hal tersebut dapat dicermati pada kutipan wacana paragraf 1 kalimat ke-2.

21. Kalimat sumbang dalam teks tersebut ditunjukkan dalam …

A. Paragraf 1 kalimat ke 6
B. Paragraf 2 kalimat ke 6
C. Paragraf 1 kalimat ke 4
D. Paragraf 2 kalimat ke 3
E. Paragraf 1 kalimat ke 7

Jawaban: D

Pembahasan: Kalimat sumbang adalah kalimat yang tidak mendukung bahkan bertolak belakang dengan kalimat utamanya. Kalimat sumbang dalam suatu paragraf dapat ditentukan dengan cara:

1. Membaca secara keseluruhan paragraf dan tentukan gagasan utama, tema, atau topik paragraf terlebih dahulu.
2. Cari kalimat penjelas yang tidak mendukung dan mempunyai sifat yang berkebalikan dengan gagasan utama.

Jadi, kalimat sumbang dalam wacana di atas ditemukan dalam paragraf 2 kalimat ke-3. Yaitu kalimat “Pelajar di Purwakarta menyukai kebersihan sehingga menyetujui usulan tersebut meskipun sempat mendapat protes dari para orang tua.”

(1) Petani lahan pasir di Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta panen pepaya jenis california dengan hasil yang memuaskan. Petani lahan pasir Kulon Progo Sukarman, di Kulon Progo, Selasa, mengatakan petani lahan pasir mulai menanam pepaya california sejak satu tahun terakhir. (2)”Saat ini, areal tanam pepaya california seluas enam hektare. Mulai Maret ini, petani lahan pasir memanen pepaya,” kata Sukarman lagi. la mengatakan harga pepaya california di tingkat petani sangat bagus yakni Rp 3.600 per kg dan kualitas AB Rp 4.000 per kg.

Dalam sekali panen, petani mendapat keuntungan Rp 3 juta hingga Rp 5 juta. “Keuntungan menanam pepaya jenis california tidak kalah dengan komoditas hortikultura lainnya, seperti cabai, semangka dan melon. (3) Kami sangat beruntung lahan pasir sangat cocok ditanami berbagai komoditas hortikultura,” katanya pula. (4) Dia mengatakan, pepaya hasil panenan petani pesisir Kulon Progo dipasarkan di Bandung, Jakarta, dan Pasar Buah Induk Gamping Sleman. Setiap 10 hari hingga 20 hari, petani panen pepaya. (5) “Pedagang dari dari berbagai daerah langsung ke lahan milik petani. Jadi, kami tidak kesulitan untuk menjual pepaya,” kata dia, la menyatakan pepaya california yang ia jual dijamin berkualitas baik. Biasanya, petani memetik pepaya saat matang.

Pihaknya juga melakukan perawatan secara intensif supaya tidak terserang jamur. “Sampai saat ini, tanaman pepaya tidak diserang jamur. Kami berupaya tidak ada serangan jamur atau hama lainnya,” katanya pula. Dia menambahkan, saat ini permintaan pepaya tengah bagus. Sayangnya, pasokan masih sangat terbatas. Bahkan, tak jarang ada beberapa permintaan yang tidak bisa dia penuhi. “Produksi buah ini tidak bisa ditentukan, mengingat pepaya california tidak bisa distok,” ujarnya lagi.

Ketua Komisi II DPRD Kulon Progo Muhtarom Asrori mengatakan, sektor pertanian masih mendominasi pembangunan di Kulon Progo. Karena itu, Komisi II DPRD setempat meminta pemerintah kabupaten memfasilitasi bibit, benih, dan bantuan alat pertanian. Berkaitan adanya petani lahan pasir yang panen pepaya california, dirinya sangat mengapresiasi petani tersebut. Menurut dia, petani sangat inovatif dalam mengembangkan pertanian. “Sektor pertanian membutuhkan inovasi, sehingga hasil panen dapat memuaskan,” katanya lagi.

22. Berdasarkan teks di atas unsur what yang tersurat di dalamnya adalah..

A. Hasil pertanian petani Kulonprogo tahun ini
B. Keberhasilan pertanian petani Kulonprogo
C. Hasil panen raya pepaya california sangat memuaskan
D. Petani lahan pasir di Kulonprogo senang
menanam pepaya california
E. Petani Kulonprogo panen pepaya california

Jawaban: E

Pembahasan: Untuk mengetahui perbedaan dan persamaan penyajian teks berita dapat dilihat melalui unsur-unsur berita (5W+1H) yang digunakan. Pernyataan yang dikategorikan oleh unsur apa (what) adalah berita yang menginformasikan suatu peristiwa atau suatu hal. Dengan demikian, berdasarkan teks di atas unsur apa (what) yang tersurat di dalamnya adalah petani Kulonprogo panen pepaya california.

23. Saran yang tepat untuk wacana di atas adalah…

A. Hasil pertanian para petani Kulonprogo sangat baik dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun
B. Keberhasilan panen pepaya california di Kulonprogo akan lebih baik jika difasilitasi oleh pemerintah kabupaten untuk bibit, benih, dan bantuan alat pertanian
C. Keberhasilan panen pepaya di Kulonprogo seharusnya ditunjang dengan kualitas bibit, benih, dan pendampingan dari dinas pertanian setempat
D. Sebaiknya petani Kulonprogo fokus memperluas lahan pertanian pepaya california di lingkungan yang berpasir saja
E. Hasil pertanian di Kulonprogo sudah mengalami peningkatan dan akan semakin baik jika pemerintah menyediakan fasilitas pertanian yang lebih baik

Jawaban: B

Pembahasan: Saran yang tepat untuk wacana tersebut adalah keberhasilan panen pepaya california di Kulonprogo akan lebih baik jika difasilitasi oleh pemerintah kabupaten untuk bibit, benih, dan bantuan alat pertanian.

24. Apa tantangan para petani di Kulonprogo berdasarkan wacana di atas?

A. Pepaya california hanya baik hasilnya jika ditanam dalam lahan pasir
B. Kurangnya tanggapan Pemda Kulonprogo terhadap petani pepaya setempat
C. Hasil panen yang tidak pasti sehingga belum bisa memenuhi permintaan pasaran
D. Pertanian di Kulonprogo masih didomasi oleh petani padi
E. Masih kurangnya lahan pasir yang dapat digunakan untuk menanam pepaya california

Jawaban: C

Pembahasan: Berdasarkan informasi dalam wacana tantangan para petani di Kulonprogo adalah hasil panen yang tidak pasti sehingga belum bisa memenuhi permintaan pasaran. Hal ini bisa dicermati pada kutipan berikut “Dia menambahkan, saat ini permintaan pepaya tengah bagus. Sayangnya, pasokan masih sangat terbatas.”

25. Kalimat tanya yang tepat dalam teks di atas adalah….

A. Apakah pepaya california dapat ditanam di lahan pertanian pada umumnya?
B. Mengapa petani lahan pasir tidak menanam tanaman holtikultura lainnya di lahan berpasir?
C. Kapan waktu yang paling tepat untuk menanam pepaya california?
D. Berapa hasil panen pepaya california tertinggi pada tahun 2016?
E. Di mana saja pepaya california yang sudah panen dipasarkan?

Jawaban: E

Pembahasan: Kalimat tanya yang tepat dan jawabannya dapat ditemukan dalam teks di atas adalah pilihan jawaban E. Di mana saja pepaya california yang sudah dipanen dipasarkan? Jawabannya dapat dilihat pada kutipan wacana berikut ini:

“Dia mengatakan, pepaya hasil petani pesisir Kulon Progo dipasarkan di Bandung, Jakarta, dan Pasar Buah Induk Gamping Sleman.

26. Transaksi jual beli petani pepaya california di Kulonprogo dengan pihak pembeli dapat ditemukan pada kalimat nomor..

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Jawaban: E

Pembahasan: Transaksi jual beli petani pepaya california di Kulonprogo dengan pihak pembeli dapat ditemukan pada kalimat nomor (5) yaitu, “Pedagang dari berbagai daerah langsung ke lahan milik petani. Jadi kami tidak kesulitan untuk menjual pepaya,” kata dia.

Wacana 2

Bu Mus adalah seorang guru yang pandai, kharismatik, dan memiliki pandangan jauh ke depan. Beliau menyusun sendiri silabus pelajaran Budi Pekerti dan mengajarkan kepada kami sejak dini pandangan-pandangan dasar moral, demokrasi, hukum, keadilan, dan hak-hak asasi-jauh hari sebelum orang-orang sekarang meributkan soal materialisme versus pembangunan spiritual dalam pendidikan. Kami diajarkan menggali nilai luhur di dalam diri sendiri agar berperilaku baik karena kesadaran pribadi.

Pada suatu kesempatan, karena masih kecil tentu saja, kami sering mengeluh mengapa sekolah kami tak seperti sekolah-sekolah lain. Terutama, atap sekolah yang bocor dan sangat menyusahkan saat musim hujan. Beliau tak menanggapi keluhan itu, tapi mengeluarkan sebuah buku berbahasa Belanda dan memperlihatkan sebuah gambar.

Gambar itu adalah sebuah ruangan yang sempit, dikelilingi tembok tebal yang suram, tinggi, gelap, dan berjeruji. Kesan di dalamnya begitu pengap, angker, penuh kekerasan dan kesedihan.”Inilah sel Pak Karno di sebuah penjara di Bandung, di sini Beliau menjalani hukuman dan setiap hari belajar, setiap waktu membaca buku. Beliau adalah salah satu orang tercerdas yang pernah dimiliki bangsa ini.”Bu Mus tak melanjutkan ceritanya.

Kami tersihir dalam senyap.Mulai saat itu, kami tak pernah memprotes keadaan sekolah kami. Pernah suatu ketika hujan turun sangat lebat, petir sambar-menyambar. Trapani dan Mahar memakai terindak, topi kerucut dari daun lais khas tentara Vietkong, untuk melindungi jambul mereka. Kucai, Borek, dan Sahara memakai jas hujan kuning bergambar gerigi metal besar di punggungnya dengan tulisan besar “UPT Bel” (Unit Penambangan Timah Belitong)-jas hujan PT Timah milik bapaknya. Kami sisanya hampir basah kuyup. Tapi kami sehari pun tak pernah bolos dan kami tak pernah mengeluh, tidak, sedikit pun kami tak pernah mengeluh.

(Diadaptasi dari Laskar Pelangi karya Andrea Hirata)

27. Sesuai dengan bacaan, gambaran karakter Bu Mus yang paling tepat adalah seorang guru yang ….

A. Bertindak mandiri karena menyusun sendiri silabus mata pelajaran dan mengajarkannya sendiri
B. Memiliki wawasan luas karena mendidik moral, demokrasi, hukum, keadilan, dan hak asasi
C. Berwawasan futuristik karena memberikan mata pelajaran yang pihak lain belum membicarakannya
D. Berbudi pekerti luhur karena mengajarkan mata pelajaran budi pekerti, moral, dan hukum
E. Memiliki kearifan lokal karena mengajari menggali nilai luhur dari diri sendiri

Jawaban: D. Berbudi pekerti luhur karena mengajarkan mata pelajaran budi pekerti, moral, dan hukum

Pembahasan: Jawaban D menggambarkan karakter tokoh berupa sifat tokoh dengan alasan sesuai dengan isi bacaan paragraf ke-1.

28. Ungkapan “Kami tersihir dalam senyap” tergambar dari perilaku tokoh novel sebagai berikut

A. Kami tidak pernah mengeluh dan memprotes keadaan sekolah kami
B. Kami tetap sekolah sekalipun hujan lebat dan petir sambar-menyambar
C. Kami tidak pernah membolos dan mengeluhkan kondisi sekolah kami
D. Kami tetap sekolah sekalipun hanya bertopi kerucut dari daun lais
E. Kami bertiga masuk sekolah walaupun memakai jas hujan milik ayah

Jawaban: C. Kami tidak pernah membolos dan mengeluhkan kondisi sekolah kami.

Pembahasan: Jawaban C melingkupi isi dan makna dalam paragraf ke-4 bacaan.

29. Tujuan Bu Mus menunjukkan dan menjelaskan gambar kondisi sel penjara Bung Karno yang sempit untuk menanggapi keluhan muridnya tentang kondisi sekolah adalah …

A. Menggambarkan penderitaan Bung Karno melalui fasilitas yang sangat buruk dalam sel penjara
B. Menunjukkan penderitaan Bung Karno dalam proses memperjuangkan kemerdekaan
C. Menunjukkan Bung Karno merupakan salah satu orang tercerdas hasil pemenjaraan di sel yang buruk
D. Menggambarkan kesuraman sel penjara Bung Karno yang mengesankan kekerasan dan kesedihan
E. Membuktikan lokasi yang sangat buruk tetap bisa menguatkan tekad belajar Bung Karno

Jawaban: E. Membuktikan lokasi yang sangat buruk tetap bisa menguatkan tekad belajar Bung Karno

Pembahasan: Jawaban E merupakan pengontrasan fasilitas yang buruk dengan tekad belajar yang berujung pada keberhasilan hasil yang sangat baik.

(1) Apa itu pendidikan karakter? (2) Pendidikan karakter adalah usaha yang disengaja untuk mendidik dan berkembangnya karakter pribadi peserta didik sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya. (3) Pendidikan karakter merupakan suatu sistem pendidikan yang bertujuan menanamkan nilai-nilai kepribadian tertentu kepada peserta didik, yang di dalamnya terdapat unsur-unsur pengetahuan, kesadaran, motivasi, dan perilaku untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. (4) Secara umum, fungsi pendidikan ini adalah untuk membentuk karakter peserta didik agar menjadi orang yang bermoral dan berakhlak mulia, toleran, serta tangguh dan berkelakuan baik. (5) Pendidikan karakter erat kaitannya dengan pendidikan moral. (6) Oleh karena itu, pendidikan karakter ….

30. Kata erat kaitannya dalam kalimat (5) seharusnya …

A. Dibiarkan saja (sudah benar)
B. Diganti dengan berkaitan erat
C. Diganti dengan berhubungan
D. Didahului kata sangat
E. Dihilangkan kata kaitannya

Jawaban: B. Diganti dengan berkaitan erat

Pembahasan: Konstruksi baku yang tepat adalah berkaitan erat sehingga struktur kalimatnya (hubungan subjek dan predikatnya) menjadi jelas.

31. Kalimat (2) perlu disempurnakan dengan cara …

A. Mengganti kata adalah dengan yaitu
B. Mengganti kata berkembangnya dengan mengembangkan
C. Menghilangkan kata untuk
D. enambah kata dapat setelah kata sehingga
E. Menambah kata sendiri setelah kata lingkungannya

Jawaban: B. Mengganti kata berkembangnya dengan mengembangkan

Pembahasan: Kata berkembangnya perlu diparalelkan/diselaraskan dengan kata mendidik sehingga menjadi mengembangkan.

32. Kata yang harus dihilangkan pada kalimat (4) adalah …

A. Secara umum
B. Ini
C. Untuk
D. Yang
E. Serta

Jawaban: C. Untuk

Pembahasan: Kata untuk mubazir karena kata adalah tidak memerlukan kata penghubung untuk.

33. Pernyataan yang paling tepat untuk melengkapi kalimat (6) adalah …

A. Harus dibelajarkan di semua jenjang pendidikan
B. Menjadi bagian penting dalam kehidupan
C. Tidak dapat dibedakan dengan pendidikan moral
D. Tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan moral
E. Merupakan bagian penting dari pendidikan moral

Jawaban: D. Tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan moral

Pembahasan: Kalimat 1-4 yang berisi pendidikan karakter perlu diselaraskan/dikaitkan dengan kalimat 5 dalam kalimat 6.

34. Penulis lagu adalah orang yang kreatif. Beberapa penulis lagu supel, kecuali yang telah terkenal. Simpulan yang tepat adalah…

A. Penulis lagu sebagian kreatif
B. Ada penulis lagu yang tidak kreatif tetapi supel
C. Sebagian penulis lagu yang supel tidak kreatif
D. Penulis lagu yang terkenal adalah orang yang kreatif

Jawaban: D. Penulis lagu yang terkenal adalah orang yang kreatif

Pembahasan: Beberapa penulis lagu supel, kecuali yang telah terkenal. Artinya, penulis lagu yang terkenal adalah orang yang kreatif.

35. Premis 1: Sebuah hotel memiliki 6 lantai
Premis 2: Kamar yang ada di lantai dua atau lebih memiliki pintu tahan api.

A. Tidak ada di kamar lantai satu
B. Ada di kamar semua lantai
C. Hanya ada di kamar lantai enam
D. Ada di kamar lantai dua

Jawaban: D. Ada di kamar lantai dua

Pembahasan: Dari semua pilihan jawaban contoh soal penalaran logis di atas, tidak ada satupun merupakan kesimpulan dari pintu tahan api dari dua premis di atas.

Dari premis di atas, pintu tahan api itu ada di lantai dua sampai lantai enam. Lantai satu tidak disebutkan dalam premis, sehingga ada dua kemungkinan bisa ada atau tidak ada.

Pada pilihan jawaban a dan b, lantai satu disebutkan pada jawaban, padahal pada premis 1 dan 2 serta simpulan, lantai tidak disebutkan.
Simpulan yang tepat adalah pintu tahan api.

Sehingga pilihan jawaban a dan b, tidak benar karena kesimpulan tidak boleh luas dari premisnya. Sedangkan pada pilihan jawaban c, lantai enam juga tidak secara spesifik disebutkan mempunyai pintu tahan api.

36. Semua karyawan berdasi
Semua karyawan berjas
Jadi:

A. Sebagian karyawan bersepatu
B. Sebagian karyawan berdasi dan bersepatu
C. Sebagian karyawan berdasi
D Sebagian karyawan berdasi dan berjas

Jawaban: D. Sebagian karyawan berdasi dan berjas

Pembahasan: Semua karyawan berdasi dan sebagian dari karyawan itu ada yang memakai jas. Sehingga, sebagian dari karyawan yang berdasi juga memakai jas.

37. 4, 2, 1, 5, 4, 4, 6, 6, 7, 7,…,…

A. 8 dan 8
B. 8 dan 9
C. 8 dan 10
D. 9 dan 9

Jawaban: C. 8 dan 10

Pembahasan:
Pada deret ke 2, 5, 8 dan 11 adalah pertambahan 2
pada deret ke 3, 6, 9 dan 12 adalah pertambahan 3
X = 6 + 2 = 8
Y = 7 + 3 = 10

38. Barisan bilangan : 1, 4, 9, 16, …. Maka U1 adalah..

A. 1
B. 2
C. 9
D. 16

Jawaban: A. 1

Pembahasan: U1= (nxn) = 1 x 1 = 1, di mana n adalah letak suku

39. Berapa nilai n jika Un = n² + 1 = 17 ?

A. 2
B. 4
C. 6
D. 8

Jawaban: B. 4

Pembahasan:
Un = n
² + 1 = 17

⇔ n² = 17 – 1
⇔ n² = 16
⇔ n = ± 4
Karena n ∈A maka yang berlaku adalah n = 4

40. Pak Lurah mendapat sumbangan 6 karung pupuk urea tiap karung beratnya 40 kg. Pupuk dibagikan kepada 12 orang petani. Tiap petani memperoleh pupuk sebanyak…

A. 40 kg
B. 36 kg
C. 24 kg
D. 20 kg

Jawaban: D. 20 kg

Pembahasan:
Jumlah pupuk total: 6 karung x 40 kg/karung = 240 kg
240 kg : 12 orang = 20 kg/orang

41. Andi membeli boneka seharga Rp50.000. Setelah itu, boneka dijual lagi dengan harga Rp80.000. Berapa persen keuntungan Andi?

A. 30%
B. 40%
C. 50%
D. 60%

Jawaban: D. 60%

Pembahasan:
Harga beli boneka=Rp50.000
Harga jual= Rp80.000
Keuntungan=[(jual-beli) / beli] x 100%
Keuntungan= [(80.000-50.000)/50.000] x 100% = 60%

42. Suatu seri: 28-19-11-6-2-1 seri selanjutnya:

A. 0
B. 1
C. 2
D. 3

Jawaban: B. 1

Pembahasan:
Pola deret: -9,-8,-5,-4,-1,0
Angka selanjutnya adalah 1 – 0 =1

43. Doni memiliki uang Rp 45.000.000 dan ia berniat untuk membeli saham kamera seharga Rp2.500.000 sebelum diskon. Harga diskon kamera tersebut adalah 20%. Selain itu, Doni juga membelanjakan uangnya untuk keperluan lain sebesar Rp1.500.000. Berapa sisa uang Doni saat ini?

A. Rp1.000.000
B. Rp1.200.000
C. Rp1.300.000
D. Rp1.400.000

Jawaban: A. Rp1.000.000

Pembahasan:

Potongan harga kamera=Rp2.500.000 x 20%+ Rp500.000
Harga kamera setelah diskon= Rp2.500.000-Rp500.000+Rp2.000.000
Jumlah belanja Doni= Rp2.000.000 + Rp1.500.000+Rp3.500.000
Sisa uang Doni= Rp4.500.000-Rp3.500.000+Rp1.000.000

44. Sebuah pesawat terbang berangkat dari Kota Kupang menuju Kota Jakarta pukul 07.00 dan perjalanan ke Jakarta selama 4 jam. Transit di Denpasar selama 30 menit. Pukul berapa pesawat tersebut tiba di Jakarta?

A. 10.45
B. 11.00
C. 11.15
D. 11.30

Jawaban: D. 11.30

Pembahasan:
Lama perjalanan=4 jam
Transit di Denpasar= 30 menit
Tiba di Jakarta= 07.00 + 4 jam + 30 menit=11.30

45. Berapa tiga suku pertama suatu barisan yang rumus suku ke-n nya Un = 3n² – 2?

A. 1,5,10
B. 1,10,25
C. 1,15,20
D. 1,20,25

Jawaban: B. 1,10,25

Pembahasan:
U1 = 3(1)² – 2 = 3 – 2 = 1
U2= 3(2)² – 2 = 12 – 2 = 10
U3 = 3(3)² – 2 = 27 – 2 = 25

46. Apa rumus suku ke-n dari barisan 4, 6, 8, 10, ….

A. Un = (2n – 1)²
B. Un = 2n + 2
C. Un = n + 2
D. Un = 2n – 1

Jawaban: B. Un = 2n + 2

Pembahasan:
U1 = 4 = 2 + 2 = (2 x 1) + 2
U2 = 6 = 4 + 2 = (2 x 2) + 2
U3 = 8 = 6 + 2 = (2 x 3) + 2
U4 = 10 = 8 + 2 = (2 x 4) + 2

Un = (2 x n) + 2 = 2n + 2

47. 1. Aberasi = …

A. Pengelompokan
B. Peleraian
C. Penyimpangan
D. Perkelahian
E. Pengikisan

Jawaban: C

Pembahasan: Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata aberasi berarti penyimpangan atas sesuatu yang normal.

48. 9. Hipokrit >< ….

A. Jujur
B. Pembohong
C. Sabar
D. Kamuflase
E. Terbuka

Jawaban: A

Pembahasan: Hipokrit bermakna munafik, orang yang suka berpura-pura. Kata hipokrit berantonim dengan kata jujur.

49. 10. Morfem >< ….

A. Forum
B. Lambang
C. Morse
D. Jantung
E. Fonem

Jawaban: E

Pembahasan: Morfem artinya satuan bentuk bahasa terkecil yang mempunyai makna secara relatif stabil dan tidak dapat dibagi atas bagian bermakna yang lebih kecil. Jadi, kata morfem berlawanan dengan kata fonem yang mempunyai arti satuan bunyi terkecil yang mampu menunjukkan kontras makna.

50. Oven : ______ = ______ : Foto

A. Pemanggang : Album
B. Roti : Kamera
C. Gosong : Model
D. Matang : Fotografer
E. Panas : Lensa

Jawaban: B. Roti : Kamera

Pembahasan: Analogi di atas adalah berpola A alat untuk menghasilkan B. Maka analogi pertama yang berlaku adalah oven adalah alat untuk menghasilkan roti, sedangkan analogi yang kedua yakni kamera adalah alat untuk menghasilkan foto.

51. Jatuh : Sakit = Mengantuk : ….

A. Berjalan
B. Tidur
C. Kalori
D. Teriakan
E. Tersenyum

Jawaban: B

Pembahasan: Jika jatuh akan mengakibatkan terasa sakit. Jika mengantuk akan mengakibatkan tertidur (tidur).

Itulah kumpulan contoh soal TKD Rekrutmen Bersama BUMN yang bisa digunakan untuk berlatih. Semoga membantu!

Contoh Soal TKD BUMN Lengkap Jawaban dan Pembahasannya