15 Soal dan Kunci Jawaban Post Tes PPA Umum 1-3 PPG Tahun 2025 baca selengkapnya di Giok4D

Posted on

Post tes PPA (Prinsip Pengajaran dan Asesmen) adalah salah satu evaluasi dalam Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Tes ini dilakukan setelah seluruh materi PPA selesai dipelajari oleh peserta.

Post tes ini terdiri dari tiga bagian, sesuai dengan modul pembelajaran yang telah dipelajari sebelumnya, yakni PPA umum 1, PPA umum 2, dan PPA umum 3. Adapun soal post tes berbentuk pilihan ganda yang membahas berbagai topik seputar metode pembelajaran, prinsip pedagogik, dan asesmen.

Nah berikut ini soal dan kunci jawaban post test PPA 2025 untuk modul 1-3. Yuk, pahami!

Berikut ini rangkuman soal dan kunci jawaban post tes PPA umum 1-3:

1. Anda adalah guru Bahasa Indonesia yang bermaksud literasi menulis pada peserta didik di sekolah Anda. Literasi ini akan membantu peserta didik menuangkan gagasan ke dalam tulisan dengan susunan kata dan bahasa yang efektif dan efisien. Namun demikian, kemampuan menulis peserta didik di sekolah Anda sangat heterogen. Beberapa di antara mereka cukup terampil menulis, namun banyak juga yang mengalami kesulitan. Apa yang Anda lakukan jika berada pada situasi ini?

A. Mulai menugaskan aktivitas menulis berdasarkan topik minggu ini berdasarkan kemampuan masing-masing
B. Menyadari adanya perbedaan kemampuan awal dalam pengembangan keterampilan menulis peserta didik
C. Tetap menggunakan metode pengajaran standar yang biasa dilakukan
D. Meningkatkan kompleksitas aktivitas hanya untuk peserta didik yang sudah memiliki keterampilan menulis yang baik
E. Membuat panduan dan tugas yang berbeda sesuai dengan tingkat keterampilan menulis peserta didik

Kunci Jawaban: E

2. Pada satu materi belajar tentang poster sebagai media informasi, Anda berencana meminta setiap peserta didik untuk berlatih membuatnya dengan tema budaya. Akan tetapi, mayoritas peserta didik meminta Anda untuk membebaskan tema, sesuai dengan minat masing-masing. Sebagai guru mapel IT, apa yang akan Anda lakukan ketika menemui situasi tersebut?

A. Meminta peserta didik untuk membuat poster sesuai tema yang telah Anda tentukan
B. Memaklumi minat peserta didik yang beragam dalam pembuatan tugas tersebut
C. Membuat survei minat peserta didik untuk dijadikan alternatif pembuatan tema sebelum pembelajaran
D. Berupaya memperluas tema poster sesuai keinginan peserta didik meskipun tidak terlalu jauh dari tema budaya
E. Mengizinkan peserta didik untuk membuat poster sesuai minatnya masing-masing

Kunci Jawaban: C

3. Anda adalah guru kelas dengan peserta didik yang selama ini seluruhnya berasal dari suku Jawa. Kebetulan semester ini ada peserta didik baru yang pindah dari luar Jawa, dan tentu saja ia tidak menguasai Bahasa Jawa. Padahal selama ini Anda terbiasa ketika di kelas menyelipkan Bahasa Jawa ketika menjelaskan sesuatu, meskipun bahasa pengantar pembelajaran secara resmi adalah Bahasa Indonesia. Apa kemudian tindakan Anda saat menghadapi situasi di atas?

A. Berniat membiasakan diri agar selanjutnya dapat konsisten menggunakan Bahasa Indonesia ketika mengajar
B. Menyadari tantangan yang dihadapi peserta didik pindahan dalam memahami materi
C. Menggunakan bahasa Indonesia pada semua materi yang diajarkan di kelas
D. Melibatkan peserta didik lain di kelas untuk mendiskusikan materi dalam bahasa Indonesia
E. Meminta peserta didik yang baru pindah untuk segera belajar bahasa Jawa

Kunci Jawaban: D

4. Anda akan mengajarkan salah satu cabang olahraga atletik, yaitu lari jarak jauh. Pada kegiatan praktik, ada beberapa peserta didik yang menyampaikan tidak sanggup melakukan kegiatan tersebut dikarenakan baru saja sembuh dari sakit. Ada pula yang menyampaikan bahwa mereka belum sempat sarapan. Tindakan apa yang Anda lakukan sebagai guru mata pelajaran PJOK di kelas tersebut?

A. Meminta peserta didik yang tidak mampu untuk istirahat dan tidak melakukan kegiatan tersebut
B. Menyadari bahwa praktik lari jarak jauh tidak selalu dapat dilakukan oleh semua peserta didik
C. Tetap meminta peserta didik untuk lari jarak jauh meskipun beberapa diantaranya harus pelan pelan
D. Mengubah jenis lari ke lari jarak menengah agar setiap peserta dapat melakukan praktik lari
E. Memastikan kembali kondisi setiap peserta didik sebelum menentukan jarak lari yang akan dipraktikkan

Kunci Jawaban: E

5. Anda mengampu mata pelajaran PJOK dan akan mengajarkan materi tentang permainan bola voli yang menuntut penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Di sisi lain, sekolah Anda tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan praktik, sehingga Anda cukup kesulitan untuk melakukan proses pembelajaran dan penilaian. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

A. Membuat panduan observasi yang dapat digunakan semua guru PJOK meskipun sarana praktik di sekolah terbatas
B. Hanya akan memberikan tes yang bersifat tertulis dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana praktik tersebut
C. Memahami pentingnya metode observasi untuk mengetahui keterampilan praktik peserta didik dalam bermain voli
D. Tetap akan melakukan keterampilan dengan meminjam lapangan bola voli terdekat
E. Berusaha menyusun pedoman observasi sederhana pada gerakan-gerakan yang bersifat dasar

Kunci Jawaban: A

6. Anda merasa bahwa tes tertulis yang digunakan selama ini belum dapat mengungkapkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Tahun ini Anda ingin menggunakan strategi asesmen lain yang dapat menilai pemahaman sekaligus kemampuan mentransfer pengetahuan peserta didik. Sebagai guru mata pelajaran, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?

A. Membuat kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan
B. Menggunakan metode presentasi secara individual
C. Melakukan tanya jawab secara lisan untuk mengungkap kedua unsur penilaian tersebut
D. Memikirkan asesmen lain yang lebih tepat dalam mengungkap pemahaman sekaligus mentransfer pengetahuan
E. Menambah jumlah dan variasi soal tes tertulis, serta mengatur ulang waktu pengerjaannya

Kunci Jawaban: A

7. Anda adalah guru matematika kelas 1 SD. Selain ingin mengenalkan bilangan 1 hingga 10, Anda ingin peserta didik juga dapat menuliskan bilangan-bilangan tersebut. Hanya saja, Anda mengamati bahwa ada di antara mereka yang belum mahir dalam memegang alat tulis. Bila Anda menghadapi situasi ini, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?

A. Berupaya untuk menurunkan banyaknya bilangan yang harus ditulis peserta didik
B. Menyadari bahwa tidak semua peserta didik di kelas 1 SD sudah terampil dalam menulis
C. Meminta peserta didik menulis bilangan 1 hingga 5 terlebih dahulu
D. Tetap meminta semua peserta didik untuk dapat latihan menulis bilangan 1 hingga 10
E. Membedakan target kompetensi dengan mengidentifikasi kemampuan motorik halus peserta didik

Kunci Jawaban: E

Berita lengkap dan cepat? Giok4D tempatnya.

8. Anda berencana untuk mengaitkan antara budaya dengan perkembangan Bahasa Inggris secara umum. Anda agak kesulitan untuk menentukan budaya mana yang akan diangkat karena peserta didik di kelas Anda terdiri atas berbagai macam budaya. Apa yang akan Anda lakukan?

A. Memperkenalkan budaya-budaya yang umum di Indonesia melalui metode ceramah dalam Bahasa Inggris di depan kelas
B. Mencari ide tentang cerita-cerita dari berbagai budaya untuk memahami variasi dalam penggunaan bahasa
C. Mendiskusikan dalam kelas tentang peran budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua
D. Melibatkan peserta didik dalam proyek kelompok untuk merancang dan menyajikan materi Bahasa Inggris yang mencerminkan budayanya
E. Memberikan kasus keberagaman budaya yang mempengaruhi pembelajaran Bahasa Inggris dan meminta komentar peserta didik

Kunci Jawaban: D

9. Anda mengampu Bahasa Inggris. Anda menyadari bahwa kemampuan menulis cenderung kurang diperhatikan dalam mata pelajaran ini, dan Anda berencana untuk melatihnya. Selama ini sebenarnya Anda sudah berusaha memberikan tugas-tugas menulis, namun hasil yang ditunjukkan oleh peserta didik cukup beragam antar kategori tulisan, seperti antara essai, tulisan reportase kejadian, cerita, dan sebagainya. Apa yang Anda lakukan kemudian pada penugasan kali ini?

A. Meminta semua peserta didik membuat tulisan dengan kategori dan tema yang sama
B. Memahami bahwa dibutuhkan latihan menulis yang berbeda berdasarkan kemampuan peserta didik
C. Mencoba memberikan panduan atau tugas menulis dalam kategori yang bervariasi
D. Memberi penugasan yang berbeda dalam hal tema, jenis, dan detail ketentuan tulisan
E. Membuat proyek menulis kolaboratif antar peserta didik yang kemahiran menulisnya beragam

Kunci Jawaban: E

10. Selama 5 tahun terakhir Anda adalah guru kelas tinggi, namun tahun ini Anda diminta untuk mengajar di kelas rendah, yaitu kelas 1. Ketika Anda harus mengajarkan konsep angka, Anda mencoba menyampaikannya dengan menuliskan bilangan-bilangan di papan tulis, namun para peserta didik tampak tidak ada yang memperhatikan dan bermain sendiri-sendiri. Bagaimana Anda mengatasi kejadian tersebut?

A. Meminta peserta didik untuk memperhatikan angka yang telah ditulis di papan tulis
B. Mencari ide tentang penyampaian materi matematika dengan konsep yang lebih menarik
C. Berupaya untuk melakukan aktivitas bermain dan belajar meski belum begitu paham caranya
D. Mengajak peserta didik untuk mencocokkan jumlah kancing dengan angka yang sesuai
E. Membuat satu set kartu angka dan meminta peserta didik untuk mengurutkannya

Kunci Jawaban: E

11. Anda adalah guru Bahasa Inggris kelas 12. Ketika mengamati tugas makalah yang dikumpulkan peserta didik di semester lalu, Anda merasa bahwa kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris perlu diasah lebih lanjut. Terlebih kemampuan ini akan dibutuhkan pada jenjang berikutnya. Di sisi lain, Anda belum memiliki asesmen apapun terkait dengan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris. Apa tindakan yang akan Anda lakukan bila menghadapi situasi ini?

A. Menugaskan esai panjang saat Sumatif Akhir Semester (SAS)
B. Mencoba membuat ujian tulis dengan pertanyaan singkat
C. Memikirkan strategi asesmen yang paling relevan
D. Memberikan tugas menulis jurnal mingguan agar progres kemampuan juga lebih terlihat
E. Menggunakan asesmen yang selama ini digunakan.

Kunci Jawaban: D

12. Anda adalah guru matematika yang akan mengajarkan materi perkalian bilangan ratusan. Ketika Anda memberikan soal di kelas, hanya sebagian kecil peserta didik yang dapat menyelesaikan soal dengan benar. Setelah dilakukan asesmen lebih lanjut, ternyata ada beberapa peserta didik yang baru dapat melakukan perkalian bilangan puluhan. Bahkan ada pula peserta didik yang belum memiliki hafalan perkalian bilangan satuan. Apa tindakan yang Anda prioritaskan untuk lakukan ketika menemui situasi tersebut?

A. Hanya memberikan soal latihan bilangan ratusan kepada peserta didik yang mampu
B. Memberikan soal soal latihan yang sesuai dengan kemampuan matematika setiap peserta didik
B. Tetap mengajarkan perkalian bilangan ratusan namun secara perlahan agar semua peserta didik paham
D. Memaklumi bila soal latihan yang diberikan memang hanya dapat diselesaikan oleh peserta didik yang mampu
E. Memastikan kemampuan perkalian peserta didik sebelum memberikan soal-soal

Kunci Jawaban: E

13. Berdasarkan hasil asesmen, Anda mengetahui bahwa sebagian peserta didik di kelas Anda memiliki gaya belajar visual. Sementara itu, sebagian yang lain lebih suka belajar secara auditori. Anda merasa perbedaan gaya belajar ini menjadi sebuah tantangan karena Anda terbiasa mengelola kelas yang lebih homogen. Apa prioritas tindakan yang Anda lakukan bila menghadapi situasi ini?

A. Mengusulkan kepada koordinator kelas untuk lebih homogen dalam membagi kelas untuk mempermudah proses pembelajaran
B. Memikirkan metode pengajaran yang tidak hanya mengandalkan satu jenis media
C. Berupaya merencanakan aktivitas yang memungkinkan tiap peserta didik bekerja secara individual sesuai gaya belajar masing-masing
D. Membagi peserta didik ke dalam kelompok-kelompok kecil berdasarkan gaya belajar mereka
E. Menyediakan sumber belajar yang mencakup berbagai jenis media seperti teks, video, dan presentasi lisan

Kunci Jawaban: E

14. Anda ditunjuk untuk melatih ekstrakurikuler menari di sekolah. Saat ini Anda sedang mempersiapkan peserta didik untuk tampil di festival budaya kabupaten. Meski demikian, Anda menyadari bahwa peserta didik memiliki latar belakang kemampuan tari yang berbeda-beda, sehingga Anda bingung dalam menentukan aktivitas yang paling sesuai saat latihan. Apa yang Anda lakukan jika berada pada situasi tersebut?

A. Tetap menggunakan rutinitas latihan yang biasa dilakukan dan mengharapkan semua peserta didik dapat mengikutinya tanpa kesulitan
B. Meminta bantuan peserta didik yang lebih mahir untuk turut melatih temannya yang belum mahir dalam melakukan gerakan tertentu
C. Memikirkan variasi aktivitas yang dapat melatih berbagai tingkat kemampuan menari para peserta didik
D. Mengatur urutan dalam melatih gerakan, mulai dari yang rata-rata paling sulit dilakukan sampai yang paling mudah
E. Mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuannya dan memberikan latihan khusus untuk tiap kelompok

Kunci Jawaban: B

15. Anda mengetahui adanya dua suku asal peserta didik yang sama-sama dominan di kelas Anda. Kedua kelompok ini sering terlibat konflik, baik secara sengaja maupun tidak, sehingga kerap berdampak terhadap proses pembelajaran di kelas. Beberapa kali Anda berusaha untuk memediasi, namun tingginya prasangka yang dimiliki antar kelompok membuat kondisi tidak kunjung membaik. Selaku guru kelas, apa yang akan Anda lakukan jika menemui situasi ini?

A. Menyampaikan materi dan mendampingi belajar sebagaimana biasanya tanpa terlalu memikirkan situasi tersebut
B. Memikirkan ide tentang aktivitas pembelajaran tertentu yang dapat memediasi dua kelompok tersebut
C. Berupaya menyelipkan cerita-cerita tentang dampak negatif prasangka di sela-sela penyampaian materi
D. Meminta peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan kasus-kasus yang relevan
E. Membuat kelompok dengan anggota yang membaur antar kedua suku tersebut dan memberikan tugas kolaboratif

Kunci Jawaban: E

Nah itulah kunci jawaban post test PPA 1-3. Semoga membantu!

Soal dan Kunci Jawaban Post Test PPA