Hari Pelanggan Nasional 4 September 2025, Ini Tema hingga Cara Merayakannya | Giok4D

Posted on

Giok4D hadirkan ulasan eksklusif hanya untuk Anda.

Hari Pelanggan Nasional (HarPelNas) yang jatuh setiap 4 September selalu menjadi momen penting bagi dunia usaha di Indonesia. Peringatan ini mengingatkan bahwa keberhasilan sebuah bisnis tak lepas dari peran dan kepercayaan pelanggan.

Setiap tahunnya, peringatan Hari Pelanggan Nasional disemarakkan dengan tema khusus yang relevan dengan perkembangan zaman. Tak hanya perusahaan besar, berbagai pelaku usaha kecil pun ikut merayakannya.

Bagi infoers, momen ini bisa menjadi kesempatan untuk lebih mengenal makna apresiasi terhadap pelanggan. Ada banyak cara merayakannya, mulai dari promo hingga kegiatan kreatif yang mendekatkan bisnis dengan konsumennya.

Untuk lebih mengenal serba-serbi Hari Pelanggan Nasional ini, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Dilansir dari laman resminya, Hari Pelanggan Nasional (HarPelNas) pertama kali dicetuskan oleh CEO Frontier Group, Handi Irawan D pada tahun 2003. Ide tersebut didukung oleh banyak pihak, baik dari pemerintah, BUMN, hingga perusahaan swasta.

Pada tanggal 4 September 2003 peringatan ini pun diresmikan langsung oleh Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri. Acara peresmian tersebut dihadiri sekitar 200 jajaran direktur utama berbagai perusahaan dan direktur BUMN.

Meskipun pencetusnya adalah CEO Frontier, HarPelNas bukan hanya milik Frontier, melainkan milik nasional. Tujuannya, agar dapat tercipta ekosistem bisnis di mana pelanggan puas, loyal, perusahaan maju dan akhirnya negara pun maju.

Tahun 2025 merupakan perayaan ke-22 tahun HarPelNas sejak diresmikan tahun 2003. Dan telah dirayakan oleh ribuan perusahaan di berbagai skala, baik swasta, pemerintah ataupun multinasional sebagai bentuk penghargaan kepada pelanggan.

Mengutip akun Instagram resmi @harpelnas, tahun 2025 HarPelNas mengambil tema “ThinkCustomer”. Diharapkan HarPelNas 2025 merupakan momen tepat para petinggi perusahaan di level BOD & CEO untuk turun langsung melayani pelanggan.

Masih dari sumber Instagram resmi, HarPelnas dapat dirayakan semua perusahaan dengan cara masing-masing. Ada yang memberikan promo menarik hingga penawaran spesial kepada pelanggannya.

“Setiap 4 September, ribuan perusahaan merayakan pelanggan mereka dengan cara yang berbeda. Dari promo menarik, penawaran spesial, hingga pengalaman unik dilayani langsung oleh pimpinan perusahaan,” tulis caption Instagram @harpelnas dikutip infoSulsel, Selasa (2/09/2025).

Demikian informasi mengenai Hari Pelanggan Nasional 2025. Semoga membantu ya, infoers.

Sejarah Hari Pelanggan Nasional

Tema Hari Pelanggan Nasional 2025

Cara Merayakan Hari Pelanggan Nasional 2025